5 Syarat Utama untuk Dapat Bekerja di Platform Minyak Laut Dalam

5 Syarat Utama untuk Dapat Bekerja di Platform Minyak Laut Dalam

Dalam dunia industri minyak dan gas, bekerja di platform laut dalam merupakan tantangan yang memerlukan kombinasi kualifikasi teknis, kesehatan fisik dan mental yang prima, pendidikan yang mendalam, serta kemampuan tim dan komunikasi yang unggul. 

Artikel ini akan menjelajahi syarat-syarat utama yang diperlukan bagi individu yang bercita-cita untuk merambah ke lingkungan kerja yang khas ini. 

1. Sertifikasi Keselamatan Maritim

Sertifikasi Keselamatan Maritim, seperti Basic Offshore Safety Induction and Emergency Training (BOSIET), memegang peran krusial dalam syarat bekerja di platform minyak laut dalam. Sertifikasi ini mencakup pemahaman mendalam terhadap prosedur keselamatan khusus yang diperlukan untuk lingkungan kerja unik di lepas pantai.

BOSIET melibatkan serangkaian pelatihan yang mencakup penanganan darurat, penggunaan peralatan keselamatan, evakuasi darurat dari instalasi lepas pantai, serta pemahaman tentang risiko yang terkait dengan pekerjaan di lingkungan laut dalam. Pemegang sertifikasi ini diharapkan untuk dapat merespons dengan cepat dan efektif terhadap situasi darurat yang mungkin terjadi di platform minyak, seperti kebakaran atau kecelakaan lainnya.

Sertifikasi ini juga mencakup pelatihan khusus untuk operasi di perairan tropis, yang mungkin relevan untuk platform minyak yang beroperasi di daerah dengan iklim tropis. Dengan demikian, memiliki BOSIET atau sertifikasi serupa menjadi bukti bahwa calon pekerja telah menerima pelatihan yang komprehensif dan memiliki pemahaman yang baik tentang aspek keselamatan yang khusus untuk lingkungan kerja di lepas pantai.

Para pemegang sertifikasi ini juga diberikan pemahaman mendalam tentang prosedur evakuasi dengan menggunakan peralatan keselamatan seperti pelampung dan perahu penyelamat. Dengan demikian, kehadiran sertifikasi ini di dalam daftar syarat bekerja di platform minyak menunjukkan bahwa calon pekerja telah mempersiapkan diri mereka dengan baik untuk menghadapi tantangan keselamatan yang mungkin timbul dalam pekerjaan di lingkungan laut dalam.

Baca juga : Fakta Menarik Seperti Apa Rasanya Bekerja di Industri Oil & Gas

2. Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis menjadi aspek kunci dalam syarat bekerja di platform minyak laut dalam. Pekerja di lingkungan ini perlu memiliki pemahaman mendalam tentang berbagai sistem dan peralatan yang digunakan dalam pengeboran, produksi, dan pengelolaan sumber daya minyak dan gas.

  1. Pengelolaan Peralatan: Kemampuan untuk mengoperasikan, merawat, dan memperbaiki peralatan khusus seperti rig pengeboran, pompa, kompresor, dan sistem kontrol menjadi hal utama. Pemahaman yang kuat tentang mekanika, listrik, dan pneumatik seringkali diperlukan.
  2. Pengalaman dalam Teknologi Minyak dan Gas: Keterampilan teknis mencakup pemahaman tentang teknologi terkini yang digunakan dalam eksplorasi dan produksi minyak dan gas. Pengalaman praktis dalam penggunaan perangkat lunak dan peralatan teknologi tinggi menjadi nilai tambah.
  3. Kemampuan Pemecahan Masalah: Pekerja di platform minyak perlu memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah teknis yang mungkin muncul dengan cepat dan efektif. Keterampilan ini mencakup analisis situasi, diagnosis masalah, dan perbaikan segera.
  4. Keahlian Khusus: Bergantung pada peran spesifik, keterampilan khusus seperti keahlian dalam pengelasan, pengecatan, atau pemrograman peralatan otomatisasi dapat menjadi syarat penting. Pemahaman tentang peraturan industri dan standar keselamatan juga perlu diintegrasikan dalam keterampilan teknis.
  5. Pemahaman Terhadap Proses Industri: Memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang seluruh siklus produksi minyak dan gas, dari eksplorasi hingga distribusi, membantu pekerja berkontribusi secara efektif dalam lingkungan kerja yang kompleks dan berubah-ubah.

Dengan memiliki keterampilan teknis yang mencakup aspek-aspek tersebut, calon pekerja menunjukkan kapasitas mereka untuk beradaptasi dan berkinerja tinggi dalam situasi yang memerlukan pemahaman mendalam tentang sistem dan teknologi di platform minyak dan laut dalam.

3. Kesehatan Fisik dan Mental yang Baik

Kesehatan fisik dan mental yang baik adalah prasyarat esensial untuk bekerja di platform minyak dan laut dalam, di mana lingkungan kerja yang keras dan kondisi yang menuntut dapat memerlukan ketahanan yang optimal.

  1. Uji Kesehatan Rutin: Calon pekerja perlu menjalani uji kesehatan rutin untuk memastikan bahwa mereka memenuhi standar kesehatan yang diperlukan. Ini melibatkan pemeriksaan fisik menyeluruh, pemeriksaan darah, serta penilaian terhadap kesehatan jantung dan paru-paru.
  2. Kondisi Fisik yang Baik: Dikarenakan pekerjaan di platform minyak melibatkan tugas-tugas fisik, seperti angkat beban berat atau berjalan di lingkungan yang seringkali berat dan bergerak, calon pekerja harus memiliki kondisi fisik yang memadai untuk menanggapi tuntutan tersebut.
  3. Kesehatan Mental yang Stabil: Lingkungan kerja yang terisolasi dan tekanan yang tinggi di platform minyak dapat menimbulkan tantangan mental. Oleh karena itu, stabilitas mental dan kemampuan untuk mengatasi stres menjadi faktor penting. Pekerja harus mampu berfungsi optimal dalam situasi yang mungkin memerlukan pengambilan keputusan cepat dan tepat.
  4. Keterampilan Manajemen Stres: Pemahaman yang baik tentang keterampilan manajemen stres membantu pekerja dalam menghadapi tekanan dan situasi darurat dengan tenang. Ini termasuk kemampuan untuk tetap tenang dan fokus di bawah tekanan.
  5. Adaptabilitas Terhadap Perubahan Lingkungan: Platform minyak seringkali berada di lokasi terpencil dan terisolasi, yang memerlukan adaptabilitas terhadap perubahan lingkungan dan iklim. Kesehatan fisik yang baik mendukung daya tahan terhadap kondisi kerja yang mungkin tidak biasa.
  6. Kebiasaan Hidup Sehat: Kebiasaan hidup sehat, termasuk pola makan yang baik dan rutin berolahraga, mendukung kesehatan secara keseluruhan. Ini sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan mental.

Dengan demikian, kesehatan fisik dan mental yang optimal bukan hanya syarat bekerja di platform minyak, tetapi juga kunci untuk menjalani pekerjaan ini dengan efisien dan aman.

Baca juga : Apa Itu BOSIET OPITO dan Mengapa Penting Bagi Pekerja Offshore

4. Pendidikan dan Pengalaman

Pendidikan dan pengalaman memainkan peran sentral dalam menentukan kelayakan seseorang untuk bekerja di platform minyak dan laut dalam. Persyaratan ini mencerminkan kebutuhan akan pemahaman teknis dan praktis yang mendalam dalam industri minyak dan gas.

  1. Gelar Pendidikan: Pendidikan formal di bidang teknik, ilmu kelautan, atau bidang terkait menjadi salah satu syarat penting. Gelar sarjana atau magister dalam disiplin ilmu yang relevan menunjukkan pemahaman akademis yang kuat, yang seringkali dibutuhkan untuk peran-peran kunci di platform minyak.
  2. Sertifikasi dan Pelatihan Khusus: Selain gelar akademis, sertifikasi dan pelatihan khusus di bidang minyak dan gas menjadi nilai tambah. Misalnya, sertifikasi dalam pengelolaan risiko atau pengoperasian peralatan khusus dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk berkontribusi secara langsung di lingkungan kerja lepas pantai.
  3. Pengalaman Kerja yang Relevan: Pengalaman praktis di industri minyak dan gas, terutama di lingkungan lepas pantai, seringkali menjadi syarat utama. Pengalaman ini membuktikan bahwa kandidat memiliki pemahaman langsung tentang tantangan dan tugas yang terlibat dalam pekerjaan di platform minyak.
  4. Keterampilan Khusus: Pengalaman dalam keterampilan khusus seperti pengeboran, pemrosesan, atau pemeliharaan peralatan menjadi penting. Pengalaman ini dapat mencakup pekerjaan sebelumnya di platform, kapal pengeboran, atau instalasi minyak dan gas.
  5. Pengetahuan Industri: Pemahaman yang mendalam tentang seluruh siklus produksi minyak dan gas, termasuk regulasi industri, kebijakan keselamatan, dan standar lingkungan, merupakan bagian penting dari persyaratan pendidikan dan pengalaman.
  6. Pemahaman Terhadap Teknologi: Kemampuan untuk memahami dan beradaptasi dengan teknologi terbaru dalam industri minyak dan gas sangat dihargai. Ini mencakup pemahaman tentang sistem otomasi, perangkat lunak, dan inovasi teknologi lainnya yang mendukung operasi di platform minyak.

Dengan memiliki kombinasi gelar pendidikan yang relevan, sertifikasi khusus, pengalaman kerja di industri minyak dan gas, serta keterampilan teknis dan pengetahuan industri yang mendalam, seseorang dapat memenuhi syarat bekerja di platform minyak dan laut dalam.

Baca juga : Tahapan Sertifikasi K3 Migas: Langkah Awal Menuju Karir Sukses dalam Energi

5. Kemampuan Tim dan Komunikasi

Kemampuan tim dan komunikasi yang baik adalah unsur kritis dalam syarat bekerja di platform minyak dan laut. Lingkungan kerja yang unik ini menuntut kolaborasi yang efektif dan komunikasi yang jelas di antara anggota tim untuk memastikan operasi yang aman dan efisien.

  1. Kemampuan Kolaborasi: Di platform minyak, pekerja sering bekerja dalam tim yang terdiri dari berbagai spesialisasi. Kemampuan untuk berkolaborasi dengan beragam individu, seperti insinyur, teknisi, dan operator, penting untuk menjalankan operasi dengan baik.
  2. Komunikasi yang Jelas: Komunikasi yang efektif sangat vital di lingkungan yang seringkali berisiko tinggi. Pekerja harus mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan secara tepat, termasuk laporan kejadian, instruksi keselamatan, dan pembaruan operasional.
  3. Responsibilitas dalam Keselamatan: Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dalam konteks keselamatan adalah keharusan. Setiap anggota tim perlu merespons dengan cepat terhadap situasi darurat dan memberikan instruksi atau dukungan yang diperlukan untuk melindungi keselamatan semua orang di platform.
  4. Pemahaman Peran: Klarifikasi peran dan tanggung jawab setiap anggota tim melalui komunikasi yang efektif membantu dalam menghindari kesalahan atau kekurangan pemahaman yang dapat menyebabkan masalah operasional.
  5. Resolusi Konflik: Kemampuan untuk menyelesaikan konflik dan ketidaksepakatan dengan anggota tim lainnya secara profesional dan efektif menjadi penting. Ini mendukung lingkungan kerja yang positif dan kooperatif di platform.
  6. Pemahaman Budaya Kerja: Platform minyak melibatkan kerjasama dengan tim multinasional yang mungkin memiliki latar belakang budaya yang berbeda. Kemampuan untuk memahami dan menghormati perbedaan budaya menjadi faktor kunci untuk menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.
  7. Pemimpin dan Pengikut yang Efektif: Dalam situasi darurat atau keadaan yang memerlukan tindakan cepat, kemampuan untuk menjadi pemimpin atau pengikut yang efektif dalam tim menjadi kunci. Ini membutuhkan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dan mendukung keputusan tim.

Keseluruhan, kemampuan tim dan komunikasi yang baik memainkan peran utama dalam menjaga keselamatan, meningkatkan efisiensi, dan menciptakan lingkungan kerja yang positif di platform minyak dan laut dalam.

Kesimpulan

Dalam rangka memenuhi syarat bekerja di platform minyak dan laut dalam, keseimbangan antara kualifikasi teknis, kesehatan fisik dan mental, pendidikan, serta kemampuan tim dan komunikasi menjadi kunci. Pemegang potensi untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang unik, memahami teknologi terkini, dan menjaga kolaborasi tim yang efektif sambil menjunjung tinggi standar keselamatan adalah calon yang ideal untuk berkontribusi dalam industri ini. Dengan kombinasi ini, seseorang dapat membuktikan diri sebagai aset berharga dalam menjalankan operasi di platform minyak dan laut dalam dengan sukses.

Jadilah ahli dalam industri minyak dan gas melalui program pelatihan PetroTraining kami! Segera daftar dan tingkatkan keterampilan serta pengetahuan Anda untuk meraih kesuksesan dalam karir energi. Bergabunglah sekarang untuk mengejar prestasi tertinggi

5/5 - (1 vote)

Bagikan:

You must be logged in to post a comment.
Jakarta
Tamansari Hive Office 7th Floor Jl. D. I. Panjaitan Kav 2 RT 11 RW 12, Cipinang, Cempedak, Jatinegara, RT.11/RW.11, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13350
+628111798350
Jakarta
AMG Tower Lt. 17 B05 Jl. Raya dukuh menanggal 1A. Gayungan Surabaya jawa Timur 60234
+628111798354
Instagram
YouTube
Inquiry Welder SMAW Level I

×