Langkah Keselamatan Kerja Karyawan Di Perusahaan Migas

Langkah Keselamatan Kerja – Industri perminyakan membutuhkan sumber daya manusia yang handal. Tanpa  adanya SDM yang memadai, tidak akan mampu mendapatkan minyak. Tidak bisa dipungkiri bahwa mendapatkan minyak itu bukannya perkara mudah. Banyak hal yang harus dipikirkan agar tidak terjadi kecelakaan kerja. Minyak yang begitu berharga itu tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan harga nyawa manusia. Orang Indonesia yang tidak terlalu dianggap berpotensi hanya bisa menjadi operator, mandor atau supervisor, dan sangat jarang mampu duduk sama tinggi dengan para direktur atau CEO dari negara asing. Akibatnya, bangsa ini hanya bisa gigit jari melihat kekayaan bangsa sendiri dikeruk oleh bangsa lain. Cukup menyedihkan kalau kekayaan negara terus-menerus digerus. Termasuk juga permasalahan keselamatan. Kalau memang ada anak bangsa yang mampu membuat peralatan keselamatan, maka hal ini akan lebih baik lagi.

Tidak ada seorang-pun yang berkeinginan untuk celaka pada saat bekerja. Oleh karena itu, berbagai cara Anda lakukan agar selamat saat bekerja. Dengan memperhatikan setiap kejadian yang ada di perusahaan, setidaknya kasus-kasus keselamatan kerja masih perlu mendapatkan perhatian ekstra dari semua orang. Berbicara tentang keselamatan kerja karyawan mau tidak mau membahas tentang bagaimana menjaga keselamatan di lingkungan kerja, sebab keselamatan  karyawan  akan banyak dikaitkan bagaimana upaya perusahaan untuk menjaga karyawannya. Dalam beberapa kasus kecelakaan karyawan ternyata perusahaan pun ikut diusut oleh pihak berwenang. Perusahaan yang memiliki tingkat kecelakaan tinggi pada lingkungan kerja. Berdampak negatif bagi perusahaan sendiri, salah satunya adalah tak direkomendasikan atas sertifikat ISO, mendapat penalti dari pemangku regulasi, dan masih banyak lagi.

Bekerja di anjungan eksplorasi minyak lepas pantai atau offshore juga memiliki potensi bahaya yang luar biasa hebat.  Untuk bekerja di bidang hanya orang yang berkualifikasi unggul.  Durasi kerja di rig lebih panjang dari pada kerja kantoran, yakni 12 jam.  Maka dari itu orang yang bekerja di rig selain pandai juga memiliki fisik yang kuat, hati-hati dan teliti. Standar keselamatan kerja di sini sangat tinggi.  Setiap pegawai dilengkapi baju dan sepatu anti api, helm Kevlar, rompi dan pelampung. Demikian juga dengan safety kit pendukung lain.  Selain itu karyawan harus mengerti bagaimana cara pertolongan pertama pada kecelakaan kerja.  Karena rig offshore berada ditengah samudera dan sangat jauh dari rumah sakit.

Baca Juga:

Oleh karena itu, menjaga keselamatan kerja karyawan adalah sebuah kewajiban yang harus dijalani dan dipikirkan oleh perusahaan. Langkah keselamatan kerja pencegahan dan pengendalian bahaya pada perusahaan migas seperti:

  • Mengurangi faktor risiko kebakaran dari sumber. Misalnya hubungan listrik. Pencegahan ini harus dilengkapi dengan peralatan pemadam kebakaran yang memadai.
  • Penanggulangan kedaruratan termasuk fasilitas komunikasi dan medis.
  • Pengawasan kesehatan dan mempertahankan personal hygiene yang baik di samping pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) yang tepat, termasuk penyediaan fasilitas pencegahan keracunan dan pengadaan pertolongan pernafasan.
  • Mematuhi peraturan K3
  • Pelatihan K3 bagi semua pekerja sesuai dengan bidang kerja dan produk masing-masing, termasuk di dalamnya emergency drill.

Selain itu, setiap pekerja wajib melakukan persiapan untuk menghindari bahaya terjadi. berikut adalah langkah keselamatan kerja yang wajib disiapkan sebelum memulai pekerjaan:

  • Safety sign penunjuk sedang dilakukan pekerjaan
  • Peralatan yang benar
  • Analisis keselamatan kerja (JSA)
  • Alat pelindung diri (APD)
  • Alat perlindungan jatuh
  • Izin Kerja
  • Izin isolasi
  • Pelatihan terkait pekerjaan
  • Instruksi kerja

Aturan dan peraturan yang diterapkan oleh hukum untuk menjamin keselamatan fisik pekerja yang diadopsi oleh perusahaan untuk mencegah insiden seperti itu terjadi. Pada akhirnya keselamatan kerja adalah tanggung jawab untuk mengetahui aturan keamanan yang berlaku dan belajar bagaimana untuk melaksanakannya.

Petrotraining OMC memberikan solusi bagi perusahaan anda untuk terciptanya Keselamatan Kesehatan Kerja K3 yang berstandard Internasional, dengan mengadakan Training K3 Migas, informasi lengkap dapat anda lihat di: //petrotrainingasia.com/

Sumber:

www.oshatrain.org

Bagikan:

You must be logged in to post a comment.
Menu


    ×