Accident Investigation

Accident Investigation BNSP

Interactive Live Distance learning (ILDL) adalah metode pembelajaran Professional di Korporasi masa kini dengan menggunakan teknologi kelas online yang melibatkan interaksi dua arah antara pemateri dan peserta, diselingi dengan ice breaking yang menarik, serta melibatkan moderator sebagai media antara pemateri dengan peserta. Berbeda dengan online training yang banyak ditemukan saat ini. Program dirancang sesuai kebutuhan (customized) dan sejalan dengan objective dan program perusahaan. ILDL juga memiliki program pasca belajar dan dilengkapi feature-feature creative seperti online quiz, online assignment dan tentunya e-certificate dari lembaga terpercaya.

Tinggi risiko tingkat kecelakaan yang terjadi di beberapa perusahaan membuat banyak perusahaan mengalami kerugian baik dari sisi efisiensi biaya, waktu dan tenaga kerja. Pencegahan atau minimal pengurangan kejadian kecelakaan kerja dapat dicapai salah satunya dengan mencari penyebab dan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kecelakaan kerja. Untuk itu penyelidikan terhadap kecelakaan atau accident investigation mutlak diperlukan untuk meminimalisir bahkan menjadikan hasil akhir pelaporan menjadi zero accident. Jadi salah satu tujuan dari investigasi dan pelaporan kecelakaan antara lain untuk mengidentifikasi penyebab kecelakaan, mendokumentasikannya dan sekaligus menyarankan tindakan perbaikan agar kejadian tersebut tidak terulang.

Pelatihan Accident Investigation dilakukan untuk peserta dan calon asesi yang sudah mempunyai kualifikasi. Kualifikasi bisa didapatkan dari jalur pendidikan, pelatihan atau pengalaman kerja.

TUJUAN PELATIHAN

  1. Mengidentifikasi bahaya dan menilai risiko K3
  2. Menganalisis dan mengevaluasi risiko K3
  3. Partisipasi dalam penyelidikan kecelakaan
  4. Mengembangkan analisa informasi dan data K3, dan proses pelaporan serta dokumentasi

MATERI PELATIHAN

  1. Teori kecelakaan
  2. Klasifikasi kecelakaan
  3. Analisis statistik kecelakaan
  4. Investigasi kecelakaan: respons awal dan persiapan
  5. Investigasi kecelakaan: pengumpulan data
  6. Investigasi kecelakaan:effective interview
  7. Investigasi kecelakaan: analisis kejadian
  8. Investigasi kecelakaan: rekomendasi

Sertifikasi Accident Investigation berupa asesmen atau uji kompetensi diadakan dengan unit-unit kompetensi sebagai berikut:

  1. 00.02.003.01 Mengidentifikasi bahaya dan menilai risiko K3
  2. 00.02.014.01 Menganalisis dan mengevaluasi risiko K3
  3. 00.03.002.01 Partisipasi dalam penyelidikan kecelakaan
  4. 00.03.005.01 Mengembangkan analisa informasi dan data K3, dan proses pelaporan serta dokumentasi

Program Pembekalan Asesmen Sertifikasi BNSP

Bagikan:

You must be logged in to post a comment.
Menu

    ×