Sebuah Inovasi Bernama Crane, Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Sebuah Inovasi Bernama Crane, Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Berbagai inovasi terus diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia, salah satunya adalah Crane, sebuah penemuan yang sangat penting saat era industri dimulai. Crane membantu pekerjaan dalam mengangkat dan memindahkan barang dengan berat tertentu.

Crane sering digunakan dalam pekerjaan-pekerjaan proyek bangunan besar, pelabuhan, industri, pergudangan. Seiring perkembangan teknologi memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda

Pengertian Crane

Crane adalah alat digunakan untuk mengangkat material secara vertikal dan menggunakannya secara horizontal dengan mengaplikasikan kerja tali dan katrol.

Crane bekerja dengan memanfaatkan kombinasi antara sistem hidrolik dan sistem pneumatik. Bahkan pada awal penemuannya, Crane dulu menggunakan tenaga mesin uap untuk mengangkat barang yang sulit diangkat oleh manusia maupun hewan.

Jenis barang yang dibawa crane adalah barang berat pada proyek-proyek konstruksi, bongkar muat di pelabuhan, industri, gudang, dan lokasi lain dengan muatan yang berat.

Baca juga : Menjadi Operator Crane di Indonesia dan Besaran Gajinya

Jenis-Jenis Crane

Berbagai jenis Crane kemudian dikembangkan untuk memudahkan pekerjaan dengan bentuk yang berbeda-beda, ada yang seperti tower maupun kendaraan. Masing-masing memiliki fungsi dan kegunaan tertentu.

  1. Tower Crane

Construction site building Free Photo

Jenis Crane yang pertama yaitu Tower Crane, alat ini sering kita lihat di lokasi pembangunan gedung-gedung tinggi. Tower crane termasuk ke dalam salah satu jenis crane yang paling umum digunakan.

Tower Crane memiliki tinggi mencapai 70 meter sampai 80 meter dengan kemampuan bisa mengangkut beban dengan berat hingga melebihi 20 ton.

Tower Crane memiliki kelebihan yaitu bisa dibongkar pasang. Jenis crane ini dipasang dengan cukup lama karena harus didirikan dengan kokoh dan aman, bahkan bagian dasar Crane harus dibeton dengan ukuran yang cukup tinggi dan besar.

  1. Truck Crane

 

Foto gratis dari Derek

Sesuai dengan namanya, Truck Crane merupakan jenis Crane yang dipasang pada sebuah kendaraan, sehingga lebih fleksibilitas untuk digunakan. Selain itu Truck Crane juga bisa langsung dioperasikan tanpa harus dipasang terlebih dahulu.

Truck Crane memiliki tiang atau pondasi sebagai kaki yang dipasang saat beroperasi.  Crane ini juga mampu dioperasikan untuk berputar sampai 360 derajat.

  1. Crane Terapung

Foto gratis dari Pengiriman

Jenis Crane selanjutnya yaitu Crane Terapung.  Seperti namanya, crane ini sering dipasang di kawasan pantai untuk memindahkan muatan yang ada di kapal. Crane Terapung juga sering digunakan untuk membangun konstruksi jembatan.

Pada kondisi tertentu, Crane Terapung juga dapat digunakan untuk mengangkat kapal atau bagian kapal yang tenggelam. Crane Terapung ini memiliki kapasitas tenaga yang mampu mengangkat barang dengan berat mencapai 9.000 ton.

  1. Crawler Crane

2018 SANY CRAWLER CRANE 150 TON (SCC1500D) – Jaimac

Crawler crane merupakan alat pengangkat barang dengan kapasitas jangkauan yang tidak terlalu panjang.  Crane ini memiliki roda-roda rantai yang dapat digunakan di berbagai medan.

Meski dapat bergerak, namun bagian boom Crawler Crane harus diangkut oleh truk trailer untuk dibawa ke lokasi proyek.

  1. Hydraulic Crane

Foto gratis dari Kendaraan

Jenis Crane selanjutnya adalah Hydraulic Crane yang memiliki struktur yang sederhana dan  jangkauan yang tidak terlalu jauh yaitu hanya 180 derajat. Sehingga Hydraulic Crane lebih sering digunakan untuk kebutuhan di gudang dan bengkel industri.

Crane ini biasanya diletakkan pada suatu titik dan tidak untuk dipindah-pindah. Pada umumnya pemakaian Hydraulic Crane ini tidak hanya satu unit namun dipasang beberapa unit.

  1. Hoist Crane

Foto gratis dari Troli

Hoist Crane memiliki karakteristik yang berbeda dengan Crane pada umumnya, yaitu dipasang di langit-langit ruangan dengan menggunakan sebuah rel khusus sebagai jalur gerak. Rel tersebut juga dapat digerakkan secara maju-mundur.

Hoist Crane ini biasa digunakan pada aktivitas gudang dan perbengkelan untuk mengangkut barang dengan berat tertentu.

  1. Jib Crane

Jib cranes for sale,electric hoist jib crane - Dongqi Crane

Jib Crane adalah Crane yang menggunakan tumpuan jib dengan struktur berbentuk tower. Crane ini terdiri dari berbagai ukuran dengan kemampuan bisa berputar hingga 360 derajat.

Jib crane memiliki sistem kerja dan mesin yang mirip seperti Hoist Crane dan struktur yang mirip Hydraulic Crane.

Seiring berkembangnya teknologi, berbagai jenis dan fungsi Crane terus diciptakan untuk memudahkan pekerjaan. Setiap Crane memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda yang bisa digunakan berdasarkan kebutuhan.

Operator Crane BNSP

You must be logged in to post a comment.
Menu

    ×