Menjadi Operator Crane di Indonesia dan Besaran Gajinya

Menjadi Operator Crane di Indonesia dan Besaran Gajinya

Crane merupakan salah satu alat yang penting dalam sebuah pekerjaan dengan skala besar, seperti pembangunan infrastruktur besar hingga bongkar muat barang di pelabuhan. Sehingga crane harus dioperasikan oleh orang yang profesional dan memiliki sertifikat resmi atau yang sering dikenal dengan crane operator.

Profesi ini sangat memiliki tanggung jawab dan tugas yang cukup berat, karena memiliki resiko kerja yang cukup tinggi. Operator crane harus memiliki kemampuan di atas rata-rata terutama kemampuan konsentrasi yang tinggi. 

Jika crane tidak dikemudikan oleh profesional, bisa menyebabkan kecelakaan kerja yang tidak hanya berakibat kerugian materiil tetapi juga bisa nyawa.

Jobdesk Operator Crane

Jobdesk Operator Crane

Selain membantu proses mengangkut atau memindahkan barang berat tugas utama dari operator crane juga menjaga keselamatan bekerja dengan mencegah potensi adanya kecelakaan kerja. Berikut tugas dan tanggung jawab operator crane:

  • Berdasarkan Kualifikasi
    Crane memiliki berbagai jenis dengan klasifikasi dan pengoperasian yang berbeda-beda, seperti tower crane, truck crane dan lain-lain. Maka pengoprasian crane harus sesuai dengan Surat Izin Operator (SIO) yang dimiliki, karena perbedaan jenis dan klasifikasi crane maka berbeda juga cara pengoperasiannya. Walaupun teknik dasarnya hampir serupa tetapi ada teknik-teknik tertentu yang diperlukan dalam pengoperasian crane dengan jenis tertentu.
  • Pemeriksaan Ketat
    Salah satu tugas utama operator crane yaitu memeriksa seluruh bagian crane sebelum dioperasikan, untuk memastikan crane dalam kondisi baik dan aman untuk digunakan.

    Hasil pemeriksaan tersebut juga harus dicatat pada buku pemeriksaan harian dan buku pengoperasian harian selama crane dioperasikan.

    Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin diaharapkan akan meminimalisir dan bahkan mengeliminasi kecelakaan kerja.

  • Menjadi Operator Crane di Indonesia dan Besaran GajinyaSigap dan Siaga
    Operator crane dituntut untuk siaga dan sigap saat bekerja, terutama saat terjadi gangguan atau kerusakan pada crane. Operator harus segera menghentikan operasi crane dan melapor kepada pengawas dan atasan.

    Operator bertanggung jawab penuh terhadap crane selama dioperasikan, dan dilarang meninggalkan kabin crane selama bekerja. Operator juga berhak melarang pihak yang tidak berwenang menggunakan crane.

  • Keselamatan Utama
    Keselamatan menjadi salah satu tugas utama dari operator crane dalam bekerja. Memperhatikan keselamatan personel yang berada di sekitar pengangkatan dan  personel lainnya yang tidak terlibat secara langsung dari operasi pengangkatan.

    Operator crane harus memastikan beban yang diangkat tidak melebih kapasitas, menjaga keseimbangan beban agar tidak menyebabkan crane menjadi tidak stabil.

Menjadi Operator Crane di Indonesia dan Besaran Gajinya

Syarat Menjadi Operator Crane

Tugas dan tanggung jawab operator crane yang cukup tinggi membuat pemerintah secara resmi mengatur syarat-syarat dan kualifikasi untuk menjadi operator crane. 

Salah satunya dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang keselamatan dan kesehatan kerja pesawat angkat dan pesawat angkut menetapkan syarat operator crane sebagai berikut

  1. Jenjang pendidikan paling rendah SMP atau sederajat  untuk operator crane kelas III dan SMA untuk operator crane kelas operator II dan I
  2. Memiliki pengalaman paling singkat satu tahun membantu pelayanan operator crane.
  3. Surat keterangan sehat bekerja
  4. Usia paling rendah 19 tahun.
  5. Memiliki sertifikat kompetensi.
  6. Memiliki lisensi K3

Gaji Operator Crane di Indonesia

Gaji Operator Crane di Indonesia

Besar kecilnya gaji sangat tergantung kepada tanggung jawab pekerjaan. Di Indonesia gaji operator crane bervariasi berdasarkan jabatan, level pendidikan dan masa kerja. Berikut kisaran gaji untuk operator crane di Indonesia:

  • Junior Staff : Rp 7.000.000
  • Staff : Rp 9.000.000
  • Supervisor : Rp 15.000.000

Di sejumlah perusahaan besar, seperti PT Jakarta International Container Terminal yang melayani bongkar muat peti kemas untuk penunjang kegiatan ekspor maupun impor di Tanjung Priok Jakarta memberikan gaji yang cukup besar untuk operator crane :

  • Staff : Rp 35.900.000
  • Senior Staff : Rp68.200.000
  • Supervisor : Rp60.200.000
  • Senior Supervisor : Rp87.000.000
  • Manager : Rp113.000.000
  • Senior Manager : Rp115.000.000

Baca juga : Sebuah Inovasi Bernama Crane, Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Gaji yang tinggi tentu diiringi dengan tentu tanggung jawab kerja yang besar bagi operator crane. Profesi ini telah menjadi profesi yang favorit, terlihat dari banyak perusahaan penyediaan pelatihan yang menyediakan kelas training operator crane. Petrotraining OMC memberikan solusi bagi anda untuk terciptanya seorang operator yang berstandar Internasional, dengan mengadakan Training Operator Crane BNSP. Untuk Informasi pelatihan lainnya dapat lihat di sini.

You must be logged in to post a comment.
Menu

    ×