Perbedaan SMAW GMAW FCAW dalam Pekerjaan Welding 

Perbedaan SMAW, GMAW, FCAW dalam Pekerjaan Welding  – Welding atau pengelasan merupakan salah satu pekerjaan yang sangat penting dalam sebuah proyek pembangunan. Bahkan untuk menjadi welding profesional harus memiliki sertifikat dari lembaga resmi agar pengerjaan pengelasan dijalankan dengan standar keamanan yang telah ditentukan.

Welding atau pengelasan merupakan proses menyambungkan logam secara permanen dengan cara memanaskan logam sampai mencapai titik cair dengan atau tanpa pemakaian tekanan, dan dengan penggunaan bahan pengisi atau tidak.

Pengelasan memiliki beberapa klasifikasi berdasarkan proses penyambungannya yaitu

  • Resistance Welding yaitu pengelasan untuk penyambungan plat (sheet metal).
  • Thermal Welding yaitu pengelasan dengan menggunakan logam cair yang dituangkan di antara potongan logam untuk membentuk sambungan las.
  • High Energy Beam Welding merupakan proses pengelasan dengan panas dari electron intensitas tinggi
  • Electric Arc Welding yaitu pengelasan dengan menggunakan panas dari busur listrik hasil dari reaksi arus pendek akibat kontak ujung elektroda dengan logam.

 

Klasifikasi Electric Arc Welding kategori Consumable Electrode

Dalam artikel ini akan dibahas macam-macam pengelasan untuk klasifikasi Electric Arc Welding kategori Consumable Electrode. Terdapat beberapa jenis pengelasan pada kategori ini yaitu Shielded Metal Arc Welding (SMAW), Gas Metal Arc Welding (GMAW/MIG) dan Flux Core Arc Welding (FCAW). 

  • Shielded Metal Arc Welding (SMAW)

Shielded Metal Arc Welding merupakan proses pengelasan yang menggunakan elektroda terbungkus yang ikut meleleh dan menjadi bahan pengisi. Dalam proses pengelasan ini elektroda berfungsi sebagai kutub negatif dan benda kerja sebagai kutub positif.

Panas yang dihasilkan bersumber dari busur listrik yang menyebabkan elektroda dan logam dasar melebur secara bersamaan.

Proses pengelasan SMAW tergolong sederhana dan tidak membutuhkan biaya yang tinggi hingga dapat digunakan pada semua jenis material.

  • Gas Metal Arc Welding (GMA)

Gas Metal Arc Welding biasanya digunakan pada pengelasan fabrikasi steel structure material CS dengan menggunakan CO2 atau campurannya. Pengelasan jenis ini sangat menguntungkan untuk pengerjaan tonase yang besar karena kecepatannya sangat tinggi tanpa harus mengganti kawat las.

Pengelasan Gas Metal Arc Welding terdiri dari dua macam. Pertama Metal Inert Gas (MIG) yaitu pengelasan memakai gas mulia saja seperti Argon, Helium. Dan yang kedua Metal Active Gas yaitu pengelasan dengan menggunakan gas CO2 atau campuran dengan Argon.

  • Flux Core Arc Welding (FCAW)

Pengelasan Flux Core Arc Welding menggunakan elektroda berinti sebagai pengganti solid electrode dan digunakan untuk menyambung logam ferrous. Inti logam dapat mengandung mineral, serbuk paduan besi dan material yang berfungsi sebagai shielding gas, deoxidizer dan pembentuk slag.

Banyak cara dan teknik dalam proses welding atau pengelasan pada sebuah pengerjaaan konstruksi. Pengelasan harus dilakukan dengan detail dan persisi agar aman dan tidak membahayakan nantinya.

Bagikan:

You must be logged in to post a comment.
Menu

    ×