Tips Menjadi Welder dengan Gaji yang Menjanjikan

Tips Menjadi Welder Juru Las dengan Gaji yang Menjanjikan – Profesi welder mungkin masih belum populer di kalangan para pencari kerja. Padahal pekerjaan ini memiliki peluang penghasilan yang cukup tinggi, bahkan sampai puluhan jutaan rupiah sesuai dengan kemampuan dan keahlian seorang welder atau sering disebut sebagai juru las.

Banyak perusahaan yang mau menggaji welder dengan upah yang tinggi. Bagaimana tidak, Welder sangat dibutuhkan dalam berbagai proyek konstruksi baik pembangunan dalam skala kecil maupun besar.

Welder adalah sebuah profesi yang bertugas melakukan pekerjaan penyambungan logam menggunakan teknik pengelasan. Tugas utama seorang welder adalah menyambung logam/metal, bisa berupa besi/baja, stainless steel, aluminium, tembaga, kuningan, nikel, titanium dan lain-lain.

Pekerjaan sebagai welder berhubungan dengan berbagai sektor usaha seperti, pertambangan, minyak gas bumi, industri alat berat, pabrik, manufaktur, hingga industri perkapalan serta industri pengolahan.

Seorang welder perlu mempunyai sertifikat resmi baik dari Kemnaker atau BNSP. Adanya sertifikasi tersebut juga akan berpengaruh terhadap gaji yang akan diterima.

 

Tips Menjadi Welder Profesional 

Pekerjaan welder atau juru las memang sering dipandang sebelah mata. Namun butuh keahlian khusus untuk bisa menjadi welder yang dicari oleh berbagai perusahaan. Berikut tips bagi anda yang mau mencoba menjadi seorang welder.

 

  1. Kenali Dunia Welding

Tips pertama yaitu mengenali segala hal terkait welding atau pengelasan. Mulai dari hal-hal yang terkecil seperti alat yang digunakan, standar keamanan bagi welder dan sebagainya.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan membaca artikel terkait, menonton video di youtube atau sharing dengan welder yang sudah berpengalaman.

 

  1. Mulai Pelajari Dasar Pengelasan 

Tips selanjutnya yaitu mulai belajar terkait teknik-teknik dasar pengelasan. Kemudian secara perlahan mulai belajar untuk teknik yang lebih tinggi, seperti pengelasan sambungan yang bertekanan, pengelasan pada penyangga dan sebagainya.

 

  1. Ikut Training

Berlatih dan terus belajar merupakan kunci untuk menjadi seorang welder profesional. Termasuk juga dengan mengikuti kelas-kelas training agar kemampuan kamu semakin meningkat.

Training pengelasan bisa diikuti di Dinas Tenaga Kerja, Badan Nasional Sertifikasi Profesi, Industri Petrokimia atau sertifikasi dari Migas.

 

  1. Gabung Komunitas Welder

Tips selanjutnya yaitu bergabung dengan komunitas welder karena akan sangat membantu kamu dalam menambah wawasan. Komunitas welder itu bisa kamu temui di grup Facebook, Whatsapp atau pun Telegram.

Dalam grup itu kamu bisa bertanya, berkonsultasi terkait teknik-teknik pengelasan, atau pun berbagi info-info tawaran pekerjaan sebagai welder.

 

  1. Teliti dan Rapi

Salah satu tips yang wajib dimiliki oleh welder yaitu ketelitian dan kerapian dalam bekerja. Sebab dalam pengelasan tidak boleh menyisakan ruang kebocoran atau undercut and porosity. Hal ini menjadi pertimbangan bagi perusahaan dalam merekrut tenaga welder profesional.

 

Gaji Seorang Welder

Tahukah kamu bahwa  gaji untuk seorang welder, apalagi welder yang sudah bersertifikat terbilang cukup tinggi dari pada profesi pada umumnya.

Gaji untuk welder pemula berkisar Rp 5.000.000 – Rp 10.000.000/bulan. Bahkan welder yang bekerja di perusahaan asing bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 40-50 juta.

Kemudian untuk welder yang berpengalaman dan bersertifikasi bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Welder yang memiliki kualifikasi khusus seperti keahlian pengelasan bawah laut, jembatan, konstruksi pipa air dan gas serta lainnya memiliki gaji yang cukup besar yaitu Rp 2.200.000/jam. 

Demikian sejumlah tips bagi kamu yang tertarik untuk mencoba menjadi welder. Kompetensi dan keahlian menjadi kunci untuk bisa menjadi profesional, termasuk di bidang pengelasan. Semakin tinggi kemampuan kamu, maka perusahaan juga akan memberikan gaji yang tinggi.

Welder merupakan profesi yang cukup menjanjikan, apalagi pemerintah maupun pihak swasta selalu mempunyai proyek-proyek konstruksi dari tahun ke tahun, sehingga profesi welder akan terus dibutuhkan. Maka siapkan dari kamu dari sekarang.

Bagikan:

You must be logged in to post a comment.
Menu

    ×