Kualifikasi, Tugas dan Gaji Welder di Indonesia

Kualifikasi, Tugas dan Gaji Welder di Indonesia – Proyek pembangunan konstruksi, baik dalam skala besar maupun kecil melibatkan berbagai profesi yang penting. Termasuk seorang welder atau yang lebih familiar dengan sebutan ahli atau tukang las.

Meski sering dianggap sebagai pekerjaan biasa, tukang las memiliki kontribusi yang cukup besar dalam sebuah proyek konstruksi.  Sehingga welder atau tukang las bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar.

Pemerintah pun melalui Kementerian Tenaga Kerja juga sudah menetapkan sejumlah aturan dan regulasi terkait profesi welder. Mulai dari kualifikasi welder, sampai sertifikasi terhadap keahlian welder.

 

Pengertian Welder

Welder adalah sebuah profesi yang bertugas melakukan pekerjaan penyambungan logam menggunakan teknik pengelasan. Tugas utama seorang welder adalah menyambung logam/metal, bisa berupa besi/baja, stainless steel, aluminium, tembaga, kuningan, nikel, titanium dan lain-lain.

Pekerjaan sebagai welder berhubungan dengan berbagai sektor usaha seperti, pertambangan, minyak gas bumi, industri alat berat, pabrik, manufaktur, hingga industri perkapalan serta industri pengolahan.

Seorang welder perlu mempunyai sertifikat resmi baik dari Kemnaker atau BNSP. Adanya sertifikasi tersebut juga akan berpengaruh terhadap gaji yang akan diterima.

 

Kualifikasi Welder

Profesi welder sangat penting dalam sebuah pembangunan konstruksi sehingga diperlukan kemampuan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Kualifikasi welder harus merujuk pada regulasi pemerintah dan standar bahwa setiap jenis pekerjaan las dilakukan sesuai dengan jenis yang tercantum pada masing-masing sertifikat welder.  Berikut beberapa kualifikasi welder diantaranya:

 

Fillet Welder

Fillet Welder adalah seseorang yang dapat melakukan pengelasan material tanpa kampuh atau teknik menggabungkan tanpa alur (without groove).

 

Plate Welder

Plate Welder adalah seseorang yang dapat melakukan pengelasan material pelat dibuat dengan kampuh atau tekni menggabungkan dengan alur (with groove).

 

Pipe Welder

Pipe Welder adalah welder yang memiliki kemampuan melakukan pengelasan material berupa

pipa (tube) dalam ukuran besar maupun pipa kecil.

 

Underwater Welder

Underwater Welder adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk melakukan proses pengelasan dalam kondisi di dalam air pada kedalaman tertentu.

 

Kualifikasi Welder Berdasarkan Kelasnya

Welder Kelas 1

Welder Kelas 1 memiliki kemampuan pengelasan terhadap sambungan yang mengalami suatu tekanan tertentu. Welder Kelas 1 ini merupakan tingkatan yang paling tinggi dari kualifikasi kelas welder.

 

Welder Kelas 2

Welder pada kelas ini diizinkan melakukan pengelasan pada bagian penyangga, tangan, isolasi atau bagian dari dapur pengapian suatu ketel uap.

 

Welder Kelas 3

Terakhir yaitu welder kelas 3 yang merupakan kelas terendah. Welder pada kelas ini hanya boleh melakukan pengelasan pada bagian yang tidak memperoleh tekanan.

 

Sertifikasi Welder

Welder profesional harus memiliki sertifikasi resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan  atau dari Badan Nasional Standar Profesi (BNSP).

Sertifikasi Welder dari Kementerian Ketenagakerjaan melekat secara individu dan instansi serta otomatis mendapatkan kewajiban dan wewenang khusus dari Kementerian Ketenagakerjaan.

Sedangkan sertifikasi welder dari BNSP hanya melekat pada individu. Sebagai pengakuan atas kompetensi seorang Individu. Selain itu wewenang yang diberikan organisasi/perusahaan apabila sudah bekerja juga terbatas.

 

Dua jenis sertifikat welder berdasarkan mesin las yang dipakai serta posisi pengelasan.

 

Program Sertifikasi Welder

Seorang welder bisa mendapatkan sertifikat dengan mengikuti program pelatihan berdasarkan kategorinya, yaitu;

 

Welder Kelas 1

Plate: 1G, 2G, 3G dan 4G.

Pipe: 1G, 2G, 5G dan 6G.

 

Welder Kelas 2

Plate: 1G, 2G, 3G dan 4G.

Pipe: 1G, 2G dan 5G.

 

Welder Kelas 3

Plate: 1G dan 2G.

Pipe: 1G dan 2G.

 

Gaji Seorang Welder

Banyak yang belum mengetahui bahwa gaji untuk seorang welder, apalagi yang bersertifikat terbilang cukup tinggi dari pada profesi pada umumnya. Berikut rangkuman kisaran gaji seorang welder di Indonesia;

 

  1. Skala Nasional

Gaji seorang welder dengan skala nasional bisa mencapai Rp 3.500.000 – Rp 10.000.000 perbulan. Besaran gaji ini bisa berbeda di setiap daerah.

 

  1. Skala Luar Negeri

Gaji seorang welder untuk skala luar negeri berkisar antara Rp25.000.000 sampai Rp30.000.000,00.

 

  1. Welder Kualifikasi Khusus

Welder yang memiliki kualifikasi khusus seperti keahlian pengelasan bawah laut, jembatan, konstruksi pipa air dan gas serta lainnya memiliki gaji yang cukup besar yaitu Rp 2.200.000/jam.

 

Tips Menjadi Welder Profesional

Menjadi seorang welder atau juru las yang profesional menjadi pekerjaan yang menarik. Apalagi gaji yang ditawarkan cukup tinggi bila dibandingkan dengan profesi pada umumnya. Berikut beberapa tipsnya untuk menjadi welder profesional;

 

  • Kuasai tugas dan kualifikasi seorang welder dengan sangat baik.
  • Rajin mengikuti berbagai pelatihan welder untuk meningkatkan kemampuan.
  • Ikuti training untuk mendapatkan sertifikat welder.
  • Menjaga fisik yang fit dan mental yang tangguh.

 

Welder merupakan profesi menjanjikan dan terdengar anti mainstream. Tertarik untuk menjadi Welder? Mulai siapkan diri anda dari sekarang dengan mengikuti pelatihan terkait kompetensi welder.

Bagikan:

You must be logged in to post a comment.
Menu

    ×