bertahan hidup

Yuk, Pahami Cara Bertahan Hidup Saat Terombang-Ambing di Laut Lepas

Seringkali untuk menikmati liburan, kita lebih memilih untuk pergi ke pantai berlibur bersama keluarga. Selain pantai menyuguhkan pemandangan yang elok, tetapi pantai-pantai di Indonesia pada umumnya memiliki air laut yang bersih dan jernih sehingga mengundang keinginan untuk bermain air. Baik itu aktivitas berenang, berselancar air (surfing), wahana permainan air (water sport) seperti banana boat, ataupun snorkling bersama keluarga.

Tetapi, ada baiknya bagi kita untuk memahami keselamatan yang perlu diperhatikan sebelum ke pantai atau beraktivitas di laut lepas. Hal ini perlu dipahami karena mengantisipasi kemungkinan terburuk seperti terseret arus air laut sehingga tenggelam saat berlibur. Begitu juga bagi para pekerja lepas pantai dan pekerja diatas kapal, juga perlu memahami keselamatan dan cara bertahan hidup di laut lepas jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kapal karam, dan tenggelam karena kecelakaan pekerjaan.

Berikut tips dan cara bertahan hidup yang perlu dipahami saat terombang ambing di laut lepas :

  1. Tenangkan diri
    Saat terseret air laut atau jatuh ke air laut lepas, maka hal pertama yang harus ditekankan adalah menenangkan diri. Dengan menenangkan diri, akan membuat Anda mengatur ritme pernafasan di dalam air. Jika panik tentu akan membuat Anda tenggelam atau kehilangan keseimbangan untuk mengambil posisi berenang ke atas permukaan laut. Jadi, cobalah untuk tenangkan diri meskipun terombang ambing di laut lepas.
  1. Pilih gaya berenang yang tepat
    Dalam menghadapi situasi darurat di dalam air laut, maka tentukan cara bergerak di dalam air seperti menentukan gaya berenang. Gaya berenang yang dipilih akan menentukan kekuatan diri Anda bertahan di dalam air. Untuk air yang tenang, maka gunakan gaya renang punggung sehingga membuat tubuh sedikit rileks untuk bernafas secara teratur. Jika dalam ombak, maka perlu gunakan gaya renang dengan perut seperti gaya dada.
  1. Cari sesuatu yang mengapung dan dapat membantu
    Ketika berenang, usahakan diri Anda untuk mencari sesuatu yang mengapung di permukaan laut yang dapat membantu Anda naik dan bisa bertahan untuk sementara, sebelum pertolongan datang. Jika posisi Anda tidak terlalu ditengah laut, gunakan barang yang mengapung dan giring secara perlahan menuju ketepian.
  1. Jaga Pakaian
    Pakaian penting dalam menjaga tubuh saat terombang ambing di laut lepas, untuk itu kepada alat apung, jangan lepaskan pakaian Anda. Karena jika siang hari, sengatan sinar matahari akan berbahaya saat kondisi di tengah laut. Apabila dalam keadaan setengah telanjang, usahakan mencari sesuatu yang dapat menutupi tubuh dari paparan sinar matahari.
  1. Tentukan apa yang dapat dimakan
    Untuk bisa bertahan hidup di laut, tentu tubuh membutuhkan asupan makanan. Maka dari itu, tentukan apa yang bisa di makan. Seperti, menangkap rumput laut atau ikan kecil yang terjebak dalam pancingan sederhana yang dibuat dari kaleng untuk kail dan renda.
  1. Berikan tubuh asupan cairan
    Sebenarnya, air jauh lebih berguna bagi tubuh daripada makanan. Air akan memberikan ion pada tubuh sehingga cairan tubuh terpenuhi. Di tengah laut lepas, usahakan untuk tidak meminum air laut ya, minumlah air hujan yang bisa dikumpulkan dalam wadah kaleng atau apapun yang bisa digunakan untuk menampung air hujan.
  1. Selamatkan diri dengan benar
    Pertimbangkan keselamatan diri Anda dengan cermat. Jangan terburu-buru masuk ke air jika melihat kapal dari kejauhan karena tentu akan membahayakan diri. Jangan berikan isyarat saat kondisi penampungan sementara atau rakit tempat Anda mengapung tidak dalam kondisi baik dan stabil.
  1. Tetap optimis akan keselamatan diri
    Hal yang perlu ditekankan adalah optimis selamat dalam keadaan terombang-ambing dilaut lepas. Jangan berputus-asa dalam mengusahakan keselamatan atau menunggu pertolongan. Tetap positive thinking dan ingat bahwa keputusasaan adalah musuh yang paling berbahaya dalam kondisi darurat.

Cara cara bertahan hidup saat terombang-ambing di laut lepas diatas bisa diajarkan kepada keluarga dan kenalan Anda. Hal ini juga perlu diketahui setiap orang, karena bisa jadi kemungkinan buruk seperti ikut dalam pesawat yang jatuh di laut misalnya. Tetap utamakan keselamatan diri dan lakukan pencegahan sedini mungkin.

Dengan mengetahui tips dan cara-cara diatas, setidaknya kita mengetahui cara bertahan hidup di laut lepas meskipun dengan teknik yang sederhana (Basic Sea Survival). Semoga informasi yang dibagikan oleh Synergy Solusi ini bermanfaat ya, bagi kita.

Sumber : https://style.tribunnews.com/2017/05/30/perhatikan-8-cara-penyelamatan-diri-dan-bertahan-hidup-saat-kamu-terombang-ambing-di-laut-lepas
Image Source: Faktualnews.co

Bagikan:

You must be logged in to post a comment.
Menu


    ×