TATA CARA PENANGANAN OIL SPILL

TATA CARA PENANGANAN OIL SPILL

Tumpahan Minyak (Oil Spill) adalah pelepasan hidrokarbon minyak bumi cair ke lingkungan akibat aktivitas manusia dan merupakan salah satu bentuk polusi. Tumpahan minyak (oil spill) seringkali berasal dari kecelakaan yang melibatkan kapal tanker, tongkang, jaringan pipa, kilang, dan fasilitas penyimpanan, terjadi saat minyak sedang diangkut ke penggunanya.

Occupational Safety and Health Administration (OSHA) memiliki peraturan yang mewajibkan pemberi kerja untuk memiliki Rencana Kesehatan dan Keselamatan terperinci untuk melindungi pekerja yang terlibat dalam operasi pembersihan. Rencana Kesehatan dan Keselamatan berfungsi sebagai pedoman bagi pengusaha dan pekerja untuk diikuti selama operasi sehari-hari mereka untuk mencegah penyebaran kontaminasi, cedera, dan kematian. Semua pekerja penanganan tumpahan minyak harus dilatih

Tujuan Pelatihan Tumpahan Minyak (Oil Spill)

  1. Mengetahui dampak dari tumpahan minyak
  2. Mengetahui kompenen dari tumpahan minyak
  3. Mengetahui peralatan yang digunakan untuk pembersihan minyak
  4. Mengetahui keselamatan dan Kesehatan pembersihan minyak
  5. Mengetahui metode-metode pembersihan tumpahan minyak

Metode Pelatihan Tumpahan Minyak (Oil Spill)

Pelatihan dilaksanakan selama 6 jam dengan metode Interactive Live Distance Learning (ILDL). ILDL adalah Metode pembelajaran Professional di Synergy Solusi member of Proxsis Group dengan menggunakan teknologi kelas online masa kini yang melibatkan interaksi dua arah antara pemateri dan peserta, diselingi dengan icebreaking yang menarik, serta melibatkan moderator sebagai media antara pemateri dengan peserta. Berbeda dengan online training yang banyak ditemukan saat ini, ILDL dirancang sesuai kebutuhan (customized) dan sejalan dengan objective dan program yang diperlukan oleh perusahaan. ILDL juga memiliki program pasca belajar dan dilengkapi fitur-fitur kreatif seperti online quiz, online assignment dan tentunya e-certificate dari Synergy Solusi.

Materi Pelatihan Tumpahan Minyak (Oil Spill)

  1. Pengantar Pembersihan Tumpahan Minyak
  2. Apa itu Tumpahan Minyak?
  3. Dampak Terhadap Lingkungan
  4. Paparan Komponen Beracun
  5. Peralatan Pembersihan Tumpahan Minyak
  6. Keselamatan dan Kesehatan Pekerja Tumpahan Minyak
  7. Metode Pembersihan Tumpahan Minyak
You must be logged in to post a comment.
Menu


    ×