pengertian scaffolding

Pengertian Scaffolding Dalam Konstruksi Besi

Pengertian Scaffolding – Sebenarnya, pengertian scaffolding tidak harus selalu menggunakan bahan – bahan tersebut tetapi juga bisa menggunakan bahan – bahan lainnya misalnya saja bambu yang masih cukup banyak digunakan di beberapa negara Asia termasuk Indonesia. Scaffolding sangat erat kaitannya dengan proses konstruksi atau bangun membangun karena setiap ada proyek pasti disitu ada scaffolding yang membantu menyangga material maupun pekerja.

Scaffolding pada dasarnya memiliki beberapa manfaat. Manfaat yang pertama adalah sebagai struktur sementara yang digunakan untuk menahan beban yang belum mampu memikul beratnya sendiri. Biasanya digunakan saat pengecoran. Manfaat yang kedua adalah sebagai struktur sementara yang digunakan untuk membantu pelaksanaan pemasangan besi – besi atau material lainnya dalam suatu proyek konstruksi.
Selain itu, dari segi fungsinya, scaffolding memiliki dua fungsi meliputi fungsi sebagai support atau pendukung dan sebagai access atau akses.

  • Fungsi Scaffolding Sebagai Pendukung atau Penyangga

pengertian scaffolding

Menyediakan tatakan elevasi yang dapat menahan suatu beban atau gaya tertentu pada sebuah area tertentu

  • Fungsi Scaffolding Sebagai Akses

pengertian scaffoding

Baca Juga

Scaffolding menyediakan akses atau mampu mengakomodasi para pekerja dimana para pekerja dapat menggunakan scaffolding untuk membantu pekerja melaksanakan tugasnya dalam proses instalasi.
Desain scaffolding terdiri dari beberama macam yaitu self supporting scaffold, independent self scaffolding scaffold, dan cantilever scaffold atau trust out.

Salah satu masalah yang berhubungan dengan scaffolding adalah karat. Scaffolding biasanya mudah berkarat. Tingkat atau level keparahan karat dari scaffolding dibagi menjadi tiga yaitu stadium 1, stadium 2, dan stadium 3. Pada stadium 1 dan 2, scaffolding masih bisa digunakan seperti biasanya. Namun jika tingkat karat scaffolding sudah masuk dalam stadium 3, scaffolding tersebut sebaiknya diganti dengan yang baru karena sudah keropos dan justruk membahayakan.

Petrotraining OMC akan mengadakan Training Operator Scaffolding. Untuk mengetahui Informasi lebih lengkap dan jadwal terdekat lainnya dapat lihat di: http://petrotrainingasia.com/

Bagikan:

You must be logged in to post a comment.
Menu

    ×