9 Trik Ampuh Membentuk Program Keselamatan di Perusahaan

Uncategorized

“Miliken & Co. dinobatkan sebagai perusahaan dengan lingkungan kerja paling aman pada acara penghargaan America’s Safest Companies Conference 2012 di Chicago. Perusahaan tersebut mendapatkan penghargaan America’s Safest Companies sebanyak dua kali.”

Phil McIntyre, direktur business development di Miliken & Co. ingin berbagi rahasia bagaimana perusahaannya mampu menciptakan lingkungan kerja yang aman. McIntyre menyampaikan 9 trik ampuh membentuk program keselamatan di perusahaan, di antaranya:

Jika pesan keselamatan Anda sulit tersampaikan kepada seluruh karyawan, khususnya yang berada di area produksi, gunakanlah bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, seperti “Kami tidak ingin seorang pun terluka atau mengalami kecelakaan saat bekerja”. Pernyataan keselamatan didukung dengan prosedur keselamatan kerja yang dijalankan secara konsisten, Miliken berhasil mencegah kerugian sebesar 223 juta per tahun akibat kecelakaan kerja.

Baca:

1. Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Seorang CEO harus melakukan follow-up dan review atas mekanisme yang telah dijalankan untuk meningkatkan keselamatan saat bekerja.

2. Mengontrol mekanisme keselamatan kerja

Perusahaan yang sukses dalam meningkatkan keselamatan kerja harus memiliki struktur yang tepat. Struktur ini mencakup berbagai hal yang berkaitan dengan keahlian, kesesuaian dengan job desk, dan kemampuan dalam mengaudit perusahaan.

3. Struktur perusahaan

Perusahaan harus memiliki data terkait keselamatan kerja, misalnya angka kecelakaan, mekanisme keselamatan kerja, dan segala hal yang berkaitan dengan keselamatan kerja.

4. Laporan keselamatan

Harus memiliki standar dalam upaya peningkatan keselamatan kerja. Misalnya, seorang safety officer harus terus memikirkan cara untuk mengurangi  kecelakaan dan menciptakan lingkungan kerja yang aman untuk karyawan sesuai standar yang berlaku.

5. Standarisasi

Miliken memberikan tunjangan keselamatan untuk karyawannya tiga kali lipat lebih besar dari perusahaan lain dengan industri yang sama. McIntyre menyatakan bahwa perusahaannya menyiapkan tunjangan sekitar 16 juta per karyawan, sedangkan perusahaan lain hanya menyiapkan tunjangan sekitar 5 juta per karyawan untuk tunjangan pencegahan kecelakaan. Menurutnya, lebih baik mengeluarkan tunjangan sebelum kecelakaan terjadi, dibandingkan mengeluarkan biaya besar setelah kecelakaan terjadi. Cara ini dinilai efektif untuk memotivasi karyawan agar senantiasa berhati-hati saat bekerja dan menciptakan lingkungan kerja yang aman.

6. Komitmen waktu dan biaya

Jika perusahaan Anda ingin sukses menciptakan lingkungan kerja yang aman, Anda harus memberikan pelatihan atau prosedur lainnya yang dijalankan secara efektif dan berkelanjutan.

Baca juga:

7. Pelatihan

Menurut McIntyre, perusahaan yang ingin meningkatkan keselamatan kerja harus memiliki manajemen kasus setiap kali terjadi kecelakaan. Miliken mampu menyusun dan memecahkan suatu kasus hanya dalam kurun waktu 6 bulan, sementara perusahaan lain bisa mencapai 13 bulan.

8. Manajemen kasus

Trik ampuh terakhir dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman adalah meningkatkan kesadaran karyawan tentang pentingnya keselamatan kerja dan mereka harus proaktif kepada keselamatan kerja.

9. Tanamkan kesadaran kepada karyawan

Untuk meningkatkan keselamatan kerja di perusahaan, Anda juga harus rutin melakukan kampanye keselamatan. Kampanye keselamatan bisa dilakukan secara langsung melalui seminar/ pelatihan, atau menggunakan poster dan media kreatif lainnya yang lebih efektif.

Petrotraining OMC merupakan lembaga pengembangan SDM di bidang industri minyak bumi dan gas alam, Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai Pelatihan K3 Migas dapat anda lihat di: //petrotrainingasia.com/

Sumber Berita: www.safetyposter.co.id

Bagikan:

Menu


    ×