Tuntutan Kerja, Pekerja Offshore Rayakan Lebaran di Lepas Pantai

Tidak sedikit profesi yang mengharuskan pekerja merayakan hari raya keagamaan jauh dari keluarga. Mereka di antaranya TNI, polisi, pelaut, tim medis, wartawan, begitu juga para petugas pelayanan masyarakat. Dari sekian banyak profesi, termasuk juga para pekerja di anjungan pengeboran minyak lepas pantai PT Pertamina EP Aset 3 Field di Jatibarang, Jawa Barat.

Lebaran 2019 ini, mereka harus rela merayakan Idul Fitri jauh dari keluarga. Sebagian besar dari mereka beragama muslim. Karena itulah, pihak manajemen memberikan sebagian tempat di Living Quarter sebagai masjid. Tujuannya agar mereka bisa mengikuti ritual ibadah Ramadan dan salat Idul Fitri.

Menjalankan tugas di bulan Ramadan serta jauh dari keluarga dan sulit pulang di hari raya tentu berbeda rasanya. Karena itu, jangan sampai mereka terlampau sedih dengan hal tersebut, sehingga hiruk pikuk lebaran pun mesti dihadirkan. Proses Produksi minyak dan gas harus tetap berjalan untuk kedaulatan energi bangsa ini. Pekerja pun mau tidak mau siap merelakan kerinduannya bersama keluarga untuk mengabdi pada negeri ini, dengan tetap bekerja.

Tahun lalu, sebelum menjalankan salat Idul fitri berjamaah, dilakukanlah takbiran bersama oleh seluruh warga anjungan lepas pantai X-Ray PT Pertamina EP Field jatibarang. Kemudian, salat Ied dilaksanakan di masjid Utama di Living Quarter, dan seluruh warga melaksanakan dengan khusuk.  Karena tidak mencukupi akhirnya “Recreation Room” juga disulap menjadi tempat beribadah dengan menyingkirkan perlatan – peralatan fitness dan kebugaran BDI masjid menyampaikan pengumuman dan susunan acara sholat  Idul fitri berjamaah.

Salah satu dari pekerja akan menjadi Muazin dan menjadi Khatib dan acara dilanjutkan dengan halal – bihalal seluruh warga pekerja yang ada di atas Anjungan X- ray PT Pertamina EP Field Jatibarang. Lepas itu, mengobati kerinduan lebaran, pihak manajemen juga menyediakan katering bernuansa lebaran. Seperti itulah kehidupan pekerja offshore yang sebagian waktu hidupnya ada di atas air laut. Meski jauh dari keluarga, kebahagiaan Idul Fitri tetap bisa dirasakan bersama dengan rekan-rekan seprofesinya itu.

Oil and Gas Management Centre (OMC) mengapresiasi apa yang dilakukan PT Pertamina EP Field Jatibarang. Mereka berusaha menghidupkan suasana lebaran, sehingga para pekerja tetap dapat bersuka cita, meski jauh dari keluarga. Tentunya hal semacam ini patut menjadi contoh, sehingga semangat kerja para pekerja tetap terjaga. Mereka bisa merasakan Hari Raya Idul Fitri di atas laut dengan suasana baru, dan pastinya menggembirakan.

Sumber:
http://dhevilsmechanic.blogspot.com/2018/07/lebaran-di-atas-air-laut.html
Sumber Gambar: konsultasisyariah.com

Bagikan:

You must be logged in to post a comment.
Menu


    ×