smk3

Rahasia Keberhasilan SMK3 di Industri Migas

Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) diharapkan dapat menjadikan K3 sebagai budaya yang mana dapat dinilai jika setiap pekerja selalu bertindak dengan dasar K3. Budaya keselamatan lebih dari sekadar memiliki prosedur dan mengukur hasil, tetapi juga termasuk sikap, kepercayaan, dan nilai-nilai yang dimiliki oleh seluruh karyawan perusahaan terkait dengan keselamatan.

Tidak hanya bidang K3, industri Migas pun perlu memperhatikan aspek lingkungan. Aspek lingkungan ini perlu dijaga agar bisnis industri migas dapat terus berjalan. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) selaku lembaga yang melaksanakan pengelolaan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi berdasarkan kontrak kerja sama, menjadikan penerapan K3 Lindung Lingkungan (K3LL) sebagai prioritas guna memastikan kegiatan hulu migas berjalan aman, selamat, dan dapat memberikan manfaat bagi negeri. SKK Migas menyatakan bahwa K3LL di sektor hulu migas menjadi salah satu aspek penting yang harus diterapkan dalam mendukung setiap kegiatan hulu migas yang merupakan industri vital dan strategis yang padat risiko.

Pada pasar global yang semakin terbuka saat ini, tuntutan pasar semakin meningkat dan tingkat persaingan semakin ketat. Hanya perusahaan yang beroperasi dengan efisien, memperhatikan aspek dan dampak K3 yang dapat bertahan memenangkan persaingan global. Oleh karena itu penting bagi perusahaan di industri migas menjaga keberhasilan penerapan SMK3 dan lingkungannya agar kepercayaan klien terhadap perusahaan juga meningkat.

Namun, keberhasilan penerapan SMK3 dan lingkungan ini juga bergantung pada beberapa hal, di antaranya:

  1. Audit
  2. Akreditasi
  3. Sertifikasi
  4. Pengumpulan, analisis, dan pelaporan data
  5. Pengembangan praktik yang baik
  6. Saling berbagi pengetahuan dalam industri Migas

Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menjaga keberhasilan penerapan SMK3 dan Lingkungan di lingkungan kerja kita dengan sepenuh hati agar seluruh aset yang kita miliki dapat terlindungi dengan aman. Selain itu, menunjukkan keberhasilan SMK3 dan lingkungan yang kita terapkan juga akan meningkatkan kepercayaan klien terhadap perusahaan kita.

Bagikan:

You must be logged in to post a comment.
Menu

    ×