Jenis Crane dan Fungsinya

Jenis Crane Crane merupakan salah satu pesawat pengangkat dan pemindah material yang banyak digunakan di berbagai macam industri. Crane juga merupakan mesin alat berat (heavy equipment) yang memiliki bentuk dan kemampuan angkat yang besar dan mampu berputar hingga 360 derajat dan jangkauan hingga puluhan meter. Crane biasanya digunakan dalam pekerjaan pekerjaan proyek, pelabuhan, perbengkelan, industri, pergudangan, dll.

Berbagai macam jenis crane yang umum digunakan di Indonesia, antara lain:

  1. Tower Crane

jenis crane

jenis crane

Tower crane merupakan pesawat pengangkat material/mesin yang biasa digunakan pada proyek  konstruksi. Tower crane terdiri dari beberapa bagian yang dapat dibongkar pasang ketika digunakan sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja. Tower crane biasanya diangkut secara terpisah menggunakan kendaraan (trailer) ke tempat proyek kemudian dipasang kembali di tempat proyek. Dan pemasangan tower crane termasuk cukup lama karena banyak bagian-bagian yang harus dipasang termasuk pembuatan pondasi tower crane.

Baca Juga

2. Mobile Crane (Truck Crane)

jenis crane

jenis-crane

Mobile Crane (Truck Crane) adalah crane yang terdapat langsung pada mobile (Truck) sehingga dapat dibawa langsung pada pada lokasi kerja tanpa harus menggunakan kendaraan (trailer) . Crane ini memiliki kaki (pondasi/tiang) yang dapat dipasang ketika beroperasi. Pondasi ini dimaksudkan agar ketika beroperasi, crane menjadi seimbang.

3. Crawler Crane

capt 6

capt 5

Crawler crane merupakan pesawat pengangkat material yang biasa digunakan pada lokasi proyek pembangunan dengan jangkauan yang tidak terlalu panjang. Crane ini memiliki roda-roda rantai (crawler) yang dapat bergerak ketika digunakan di berbagai medan. Untuk bisa sampai ke lokasi operasi, crawler crane diangkut menggunakan truck trailer dengan membongkar bagian ‘Boom‘ menjadi beberapa bagian kemudian dipasang kembali pada lokasi operasi.

4. Hydraulic Crane

capt 7

Umumnya semua jenis crane menggunakan sistem hydraulic (minyak) dan pneumatic (udara) untuk dapat bekerja. Hydraulic crane ini biasa digunakan pada perbengkelan, pergudangan, dll, yang memiliki struktur sederhana. Crane ini biasanya diletakkan pada suatu titik dan tidak untuk dipindah-pindah dan dengan jangkauan tidak terlalu panjang serta putaran yang hanya 180 derajat. Sehingga biasanya pada suatu perbengkelan/pergudangan terdapat lebih dari satu Crane.

5. Hoist Crane

capt 8

Hoist Crane adalah pesawat pengangkat yang biasanya terdapat pada pergudangan dan perbengkelan. Hoist Crane ditempatkan pada langit-langit dan berjalan diatas rel khusus yang yang dipasangi pada langit-langit tersebut. Rel-rel tadi juga dapat bergerak secara maju-mundur pada satu arah.

6. Jib Crane

Jib crane adalah pesawat pengangkat yang terdiri dari berbagai ukuran, jib crane yang kecil biasanya digunakan pada perbengkelan dan pergudangan untuk memindahkan barang-barang yang relatif berat. Jib crane memiliki sistem kerja dan mesin yang mirip seperti ‘Hoist Crane‘ dan struktur yang mirip ‘Hydraulic Crane‘.

Petrotraining Asia merupakan lembaga pengembangan SDM di bidang industri Minyak Bumi dan Gas Alam, Informasi mengenai pelatihan Crane dan jadwal pelatihan terdekat dapat lihat di: //petrotrainingasia.com/

sumber: panicatcampus.blogspot.com

Bagikan:

Menu


    ×