dokumen csms

FAQ Dokumen CSMS

Dokumen Contractor Safety Management System (CSMS) sangat penting bagi perusahaan untuk membantu pihak Health, Safety, and Environment (HSE) dan user dalam mempersiapkan proses seleksi awal sebelum para kontraktor, vendor dan supplier melakukan pekerjaan di lingkungan mereka di mana para pihak ketiga harus mematuhi dan mengikuti peraturan sistem manajemen yang dianut oleh perusahaan. CSMS merupakan sistem komprehensif dalam pengelolaan kontraktor sejak tahap perencanaan sampai pelaksanaan pekerjaan dengan menghubungkan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) perusahaan dengan SMK3 kontraktor.

Namun, dari sisi para kontraktor, vendor dan supplier tentunya sering menemukan kebingungan dalam memenuhi persyaratan-persyaratan dokumen CSMS yang dibutuhkan untuk menjadi bagian dari perusahaan yang diharapkan. Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh para kontraktor, vendor dan supplier dalam memenuhi persyaratan tersebut:

  1. Biasanya apa saja sih yang diminta oleh perusahaan owner/pemilik proyek kepada kontraktor, vendor dan supplier?

Jawab: Setiap perusahaan pemilik proyek/ perusahaan owner memiliki persyaratan yang berbeda-beda karena mereka akan menyesuaikan dengan sistem manajemen K3 yang berlaku di perusahaannya.

  1. Apakah kontraktor, vendor dan supplier harus mendapatkan bendera SMK3 di perusahaannya dulu?

Jawab: Tidak, yang penting kontraktor, vendor dan supplier bisa menunjukkan bahwa kita menerapkan SMK3 di perusahaan kita sendiri dan menjamin selama kita melakukan pekerjaan di perusahaannya, personel yang bertugas juga menerapkan aspek-aspek K3.

  1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan CSMS?

Jawab: Waktu yang dibutuhkan bervariasi antara 1-3 bulan. Waktu ini bergantung pada kooperatif dari perusahaan dalam menyediakan informasi-informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan dari perusahaan owner

  1. Apakah Petrotraining Asia bisa membantu membuatkan dokumen CSMS?

Jawab: Tentunya dibantu dengan Synergy Solusi memiliki konsultan-konsultan senior yang sudah sering membantu kontraktor, vendor dan supplier dalam pemenuhan persyaratan CSMS dari perusahaan owner.

dokumen csms

  1. Apakah Petrotraining Asia akan mendampingi kontraktor, vendor dan supplier sampai lulus?

Jawab: Synergy Solusi akan memastikan bahwa kontraktor, vendor dan supplier lulus menjadi bagian dari suatu perusahaan owner yang diharapkan.

  1. Ada contoh dokumen CSMS yang bisa dibagikan ke kami gak?

Jawab: Tentu ada. Berikut contoh list dokumen inspeksi K3 yang dilakukan oleh salah satu kontraktor yang kami bantu pemenuhannya untuk menjadi salah satu kontraktor di Pertamina.

  1. Apakah harus ada personel yang memiliki kompetensi khusus di bidang CSMS?

Jawab: Hal ini tentunya kembali lagi kepada persyaratan yang diberikan oleh perusahaan owner. Namun, jika ke depannya kita ingin memperbaiki proses CSMS di perusahaan sendiri, tidak ada salahnya menginvestasikan salah seorang personel kita untuk memiliki kompetensi unggul di bidang CSMS.

Jadi, jangan ragu untuk menyampaikan kepada kami apapun permasalahan terkait K3, Lingkungan, Migas, Energi, Kelistrikan, dan Keamanan, diskusikan saja bersama kami. Bingung menghubungi ke mana? Klik saja di sini.

Bagikan:

You must be logged in to post a comment.
Menu

    ×