hazop

Dasar-dasar HAZOPS

Dasar-dasar Hazop

Interactive Live Distance learning (ILDL) adalah metode pembelajaran Professional di Korporasi masa kini dengan menggunakan teknologi kelas online yang melibatkan interaksi dua arah antara pemateri dan peserta, diselingi dengan ice breaking yang menarik, serta melibatkan moderator sebagai media antara pemateri dengan peserta. Berbeda dengan online training yang banyak ditemukan saat ini. Program dirancang sesuai kebutuhan (customized) dan sejalan dengan objective dan program perusahaan. ILDL juga memiliki program pasca belajar dan dilengkapi feature-feature creative seperti online quiz, online assignment dan tentunya e-certificate dari lembaga terpercaya.

Hazard Operability Study merupakan salah satu metode untuk mengidentifikasi bahaya (Hazard) berdasarkan prinsip, bahwa pendekatan tim dalam analisis bahaya (Hazard) akan dapat mengidentifikasi masalah lebih banyak dibandingkan dengan hasil gabungan analisis masing-masing individu secara terpisah.

Merupakan pendekatan yang melibatkan masing-masing sub sistem dalam proses, yang secara obyektif mengevaluasi akibat adanya penyimpangan (deviasi) dari desain (Design Intend) yang diharapkan. Analisis atas deviasi tersebut secara terstruktur dilaksanakan dengan menggunakan kata-kata pandu (guide words), yang akan mencakup secara keseluruhan semua masalah yang terkait dengan bahaya (hazards) maupun masalah operabilitas yang mungkin timbul, sehingga mendapatkan hasil pendekatan imaginative yang cukup fleksibel.

TUJUAN PELATIHAN

1. Memahami Konsep Dasar, Terminology dan Ruang Lingkup HAZOPs
2. Memahami Standar HAZOPs
3. Memahami Tugas dan Tanggung Jawab Tim HAZOPs
4. Memahami Proses HAZOPs
5. Memahami Teknik HAZOPs
6. Memahami Pelaksanaan HAZOPs yang Efektif

MATERI PELATIHAN

1. Pengantar Hazard Operability Study (HAZOPs): Konsep Dasar, Terminologi, dan Ruang Lingkup
2. Standar Terkait HAZOP
3. Tugas dan Tanggung Jawab Tim HAZOP
4. Proses HAZOP
5. Teknik HAZOP
6. Petunjuk Untuk Pelaksanaan HAZOP yang Efektif

DURASI PELATIHAN

2 hari pelatihan

Asesmen BNSP, klik tautan berikut ini.

Bagikan:

You must be logged in to post a comment.
Menu


    ×