5 BUDAYA K3 YANG EFEKTIF DI INDUSTRI MINYAK DAN GAS

Penerapan Program Perilaku Berbasis Keselamatan harus dilakukan untuk mengubah budaya keselamatan perusahaan. Budaya keselamatan lebih dari sekadar memiliki prosedur dan mengukur hasil, tetapi juga termasuk sikap, kepercayaan, dan nilai-nilai yang dimiliki oleh seluruh karyawan perusahaan terkait dengan keselamatan. Untuk menciptakan budaya yang menghargai keselamatan dan saling menjaga pekerjaan, Anda harus fokus pada lima elemen budaya keselamatan (K3) yang efektif.

Jika Anda ingin mengembangkan budaya K3 yang kuat di perusahaan Anda, Anda harus mulai dengan para pemimpin Anda. Pengawas dan manajer Anda harus memberikan contoh bagi semua orang. Mereka mendemonstrasikan model untuk perilaku aman yang akan diikuti oleh semua orang.

  1. Responsibility (Tanggung Jawab)

Perusahaan dengan budaya K3 yang kuat berbagi nilai tanggung jawab. Maksudnya adalah keyakinan bersama bahwa setiap individu terikat secara moral dan etis untuk bertindak sesuai dengan aturan kesekanatan secara bertanggung jawab demi kebaikan sesama karyawan, perusahaan, dan masyarakat secara keseluruhan. Sampai setiap orang di organisasi Anda percaya ini, Anda akan berjuang dengan menciptakan budaya keselamatan.

  1. Akuntability (Akuntabilitas)

Manajer harus bertanggung jawab untuk memimpin dengan memberi contoh setiap hari. Manajer dan penyelia perlu memahami bahwa perilaku mereka memengaruhi semua orang di sekitar mereka. Manajemen atas perlu meminta pertanggungjawaban orang-orang ini terhadap keselamatan, dan tidak berpaling ke arah lain selama tujuan produksi tercapai.

  1. Clear Expectations (Harapan yang Jelas)

Harapan keselamatan (zero accident) harus ditetapkan dan dikomunikasikan kepada semua orang di organisasi. Komitmen untuk mencapai tujuan-tujuan ini perlu ditunjukkan dari atas ke bawah. Hanya ketika pangkat dan file karyawan melihat komitmen ini akan mereka mulai berubah.

  1. Ethic (Etika)

Sistem manajemen yang digerakkan secara etis penting dalam mengembangkan budaya K3 yang kuat. Tujuannya adalah agar dalam membuat keputusan tidak hanya memenuhi prosedur dalam manual keselamatan tetapi juga etis dan moral. Individu yang Anda pekerjakan untuk perusahaan Anda harus memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang etis dan rasional dalam situasi sehari-hari, dan berbagi nilai-nilai inti perusahaan Anda. Mempekerjakan orang yang tepat dengan sikap yang benar sangat membantu menciptakan budaya keselamatan yang kuat.

  1. Next Steps (Langkah selanjutnya…)

Survei persepsi keselamatan dapat membantu Anda mengevaluasi budaya K3 perusahaan Anda untuk menentukan area yang perlu ditingkatkan sebagai langkah selanjutnya.

 

Synergy Solusi member of Proxsis Group membantu perusahaan dalam meningkatkan kompetensi bagi para personel Ahli K3 di Perusahaan yang diselenggarakan hingga mendapatkan pengukuhan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

 

Sumber:

www.safetyproresources.com

Rate this post

Bagikan:

You must be logged in to post a comment.
Jakarta
Tamansari Hive Office 7th Floor Jl. D. I. Panjaitan Kav 2 RT 11 RW 12, Cipinang, Cempedak, Jatinegara, RT.11/RW.11, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13350
+628111798350
Jakarta
AMG Tower Lt. 17 B05 Jl. Raya dukuh menanggal 1A. Gayungan Surabaya jawa Timur 60234
+628111798354
Instagram
YouTube

    ×